Top Menu

Tips Aman Solo Traveling








Melakukan sebuahperjalanan mungkin sudah menjadi bagian hidup seseorang, bahkan ada juga yang menjadikan perjalanan sebagai kehidupannya sehari-hari, bersolo traveling kali?
Jika ada seseorang yang telah menjadikan travelin sebagai kehidupannya, maka akan muncul pertanyan-pertanyaan sebagai berikut:

Bagaimana sih menjadi seorang solo traveling? Apa sih tips biar aman menjadi solo traveling.

Oke sob, pada sesi postingan kali ini, saya akan membagikan beberapa tips bagaimana sih agar kita aman saat melakukan solo traveling? Nah, saya sendiri sudah beberapa kali melakukan solo traveling. Dan sepertinya akan tetap melakukan solo traveling.
Tanpa berlama-lama langsung saja kita bagi tips-tipsnya.

Pertama, Riset. Yah, riset sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan solo traveling. Karena dengan riset tersebut perjalanan kita akan lebih terarah tanpa harus takut untuk tersasar. Apa saja sih yang perlu kita riset saat melakukan solo traveling? Mulai dari destinasi wisata yang akan kita tuju, berapa harga tiket masuknya, transfortasi apa saja yang digunakan untuk menuju destinasi wisata tersebut, bahkan sampai cuaca pun perlu diriset, kira-kira kapan bulan yang tepat untuk berkunjung ke destinasi wisata tersebut, jangan sampai perjalanan kita menjadi tidak menyenangkan karena kita salah waktu yang tepat.

Kedua, Menentukan pilihan destinasi yang cocok, ini juga menjadi bagian terpenting untuk kita melakukan solo traveling. Jika kamu suka wisata sejarah maka tempat yang cocok dikunjungi adalah museum atau objek wisata yang memiliki nilai-nilai sejarah, contohnya ke Benteng Fort Marlborough di Bengkulu, Kota tua di Jakarta atau Lawang Sewu di Semarang.
Atau jika kamu suka petualangan ke alam liar maka tempat yang cocok tentunya adalah berkunjung ke daerah perbukitan atau pegunungan.

Ketiga, Anggaran dan rencana perjalanan. Membuat rencana perjalanan dan anggaran yang matang, wajib bagi seorang solo traveling, buatlah semua rencana itu sedetail mungkin, dari awal perjalanan sampai kembali lagi kepenginapan bahwan sampai pulang ke rumah.
Perencanaan itu mungkin meliputi kendaraan apa yang akan kita gunakan untuk bisa berpindah-pindah dari lokasi wisata satu ke wisata lainnya.

Keempat, Light packing, karena kamu adalah solo traveling yang harus membawa semua barang bawaan sendirian tentu akan sangat repot jika membawa semua barang. Jadi, tipsnya adalah bawalah barang seefektif mungkin, hindari membawa barang yang tidak terlalu penting dalam perjalanan kamu.

Buat perencanaan barang yang akan dibawa, misalkan berapa hari kamu akan pergi dan berapa baju yang perlu yang dibawa, begitu juga dengan barang-barang lainnya.
Kelima, Mencatat nomor-nomor penting, ini juga sesuatu yang wajib kamu lakukan jika ingin melakukan traveling. Nomor-nomor penting itu seperti nomor kepolisian terdekat dari destinasi wisata yang kamu tuju, nomor keluarga atau orang-orang penting yang bisa kamu hubungi jika kamu menemukan beberapa masalah dalam perjalananmu.

Catatan nomor itu dalam kertas atau note kamu, simpan baik-baik yah.

Terakhir, Pisahkan tempat penyimpanan uang dan dokumen, dalam perjalanan, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, maka untuk mengurangi/ meminimalisir kejahatan yang akan terjadi pada diri kita, maka baiknya kita memisahkan tempat uang dan dokumen penting, misal paspor, KTP dan lainnya, bahkan foto semua dokumen itu, mungkin akan membantu kamu jika mengalami hal-hal yang tak menyenangkan dalam perjalanan.

Oh ya satu lagi, sebelum melakukan perjalanan jangan lupa selalu berdoa, agar Allah SWT melindungi di setiap perjalanan kita. Aamiin.
Siap solo traveling?




8 komentar :

  1. MasyaaAllah, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Waw solo traveling, boleh juga kapan-kapan di coba. Harus nyiapin mental dulu kayaknya.

    BalasHapus
  3. Membaca topik seputar traveling di situasi sekarang membuat jiwa traveling meronta-ronta. Semoga keadaan lekas kembali normal ya Ka, aamiin. Tidak sabar untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata.

    BalasHapus
  4. Semoga bisa kesana, menikmati keindahan alam. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  5. Hmm, kalau menerapkan semua tips di atas insyaallah aman deh ya. Saya belum menerapkan mencatat nomor2 penting itu, nanti akan saya lakukan biar ga was2.

    BalasHapus
  6. Pernah beberapa kali Solo Traveling. barang bawaan saat itu tergantung destinasi dan lamanya waktu traveling. Kalau niatnya one day touring barang bawaan cukup ringan dengan prinsip light weight. Kalau agak jauh dan lama sekitar dua minggu nah ini aku sedikit rempong, bawaanku keril 80 liter.

    BalasHapus
  7. Wah butuh keberanian lebih buat solo traveling emang ya? Buat aku yang masih suka gak stabil gini bener-bener harus nunggu stabil kalo mau jalan sendiri huhu

    BalasHapus

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates