Top Menu

Resep Rahasia Tumis Kubis dan Wortel yang Enak





Hallo sobat, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Apa kabarnya, masih betah #dirumahaja? Pasti sudah merasa bosankan dan pengen banget hidup normal seperti dulu kala. Bisa jalan, kerja, sekolaj, jajan, ngumpul bareng teman dan banyak lagi kegiatan diluar rumah yang bisa kita lakukan. 

Nah selama di rumah aja, apa sih yang bisa kita lakukan? Jawabannya banyak. Saya sendiri sejak libur kerja selama sebulan lebih akibat corona dan juga libur hari raya, bisa melakukan banyak hal tak terkecuali urusan dapur salah satunya masak. Jadi selama di rumah saja, sesekali saya juga masak makan yang lagi pengen saya makan misalnya mie instan, tet tot! tapi untuk tugas kali ini saya nggak nulis tentang resep masak mie instan. Karena pikir saya mungkin semua orang bisa kali yah masak mie instan, eh nggak tau kalau Nia Ramadani, kira-kira bisa nggak?

Jadi selama di rumah saja saya manfaatin untuk belajar masak, yah masak makanan sederhana antara lain; Tumis kangkung saos tiram, tempe goreng tepung, bakwan ambyar, ayam tiren, dan juga tumis sayur kubis dan wortel orek-orek telor hehehe. Kebetulan di grup whatsapp sumsel menulis ada tugas membuat tulisan tentang sebuah resep masakan. Nah, untuk menjawab tugas itu kali ini saya akan menuliskan tentang resep masakan tumis sayur kubis dan wortel yang mungkin bisa sobat coba di rumah.



Untuk bahan-bahannya antara lain:

1.      Sayur Kubis
2.      Wortel
3.      Bawang putih
4.      Bawang merah
5.      Cabe merah
6.      Garam
7.      1 butir telor
8.      Ikan teri
9.      Kecap manis
10.  Minyak sayur secukupnya
11.  Dan bumbu penyedap rahasia yang sudah ada sejak jaman nenek moyang dulu.

Note: untuk ukuran bahan sesuaikan saja dengan orang yang mau dengan ikhlas makan masakanmu yah. 




Cara memasaknya gampang sekali.

Pertama foto-foto dulu semua bahannya untuk dokumentasi yah, biar netijen percaya  ini asli buatan kita, foto milik kita sendiri, bukan ngambil di google. Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih pake air sumur/pdam, bukan pake air mata buaya. 

Kedua, potong sayur kubis dan wortelnya seukuran kira-kira nggak nyangkut ditenggorokan kita saat nelennya. 

Ketiga, potong-potong juga bawang merah, putih, cabe secukupnya lalu masukan ke dalam batu gilingan, ulek-ulek sampe mereka menyatu, biarkan mereka bersatu dalam satu rasa, cukup kita saja yang belum bisa bersatu dalam ikatan dan rasa yang sama. 

Keempat, nyalakan api kompor karena masak nggak bisa pake api asmara. Letakkan wajan di atas kompor tuang minyak sayur secukupnya, tunggu hingga minyak sayur panas, nunggu minyak panas sambil koprol juga nggak apa-apa. Setelah panas masukkan bumbu yang sudah diulek-ulek tadi dan juga ikan terinya, nanti akan berbunyi jreenggg. Kemudian kuel-kuel bumbu tadi pake sutil biar nggak gosong. 

Kelima, masukan bumbu saos tiram dan air putih secukupnya, kuel-kuel lagi hingga rata. Setelah itu masukan sayur wortel terlebih dahulu disusul dengan sayur kubisnya dan bumbu rahasianya, kuel-kuel lagi hingga rata, lalu tunggu sampai masakannya matang, tips rahasia dari chef terkenal kecilkan saja apinya, biar semua bumbunya meresap. 

Terakhir, sobat bisa cicipin terlebih dahulu masakannya sebelum menyudahi proses masak memasak. jika dirasa keasinan sobat bisa menambahkan kecap manis, tapi jangan kemanisan cukup kamu saja yang manis. Seteleh dirasakan semuanya sudah pas sajikan ke dalam mangkuknya. Selesai deh.

Tips tambahan, sebelum sobat meminta salah satu anggota keluarga untuk memakan masakanmu jangan lupa selipkan dulu duit lima puluh ribu rupiah ke dalam kantong bajunya agar mereka mau makan masakanmu dan bilang bahwa masakanmu enak.

Selesai.

#WAGSumselMenulis
#lampauibatasmu

10 komentar :

  1. Simpel dan tidak ribet. Mantul

    BalasHapus
  2. Lihat fotonya aja enak 😯

    BalasHapus
  3. Informatif sekaligus menghibur, Ka. :D
    Mantep nih. Kubis dan wortel hampir jadi bahan makanan yang selalu tersedia. Bisa langsung dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahan yang paling mudah dan banyak di pasar. Hehe

      Hapus
  4. Jadi ingat ketika ngekos dulu. Tumis kubis dan wortel jadi menu andalan 😄

    BalasHapus
  5. Ini masakan yang sering saya temui dikosan sendiri atau teman sebelah kamar. Wkwkwk mantul

    BalasHapus

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates