Top Menu

Danau Shuji: Eks Dapur Tentara Jepang Kini jadi Tempat Wisata Favorit.

 



 

Dulu danau shuji  ini adalah lahan tidur. Lewat  tangan seorang pemuda desa bernama Bob Permana Danau Shuji disulap menjadi tempat wisata.

Jauh sebelum itu Danau Shuji merupakan bekas dapur  umum markas tentara Jepang. Konon, nama Shuji sendiri pemberian dari panglima yang memimpin para tentara Jepang tersebut.

Danau Shuji terletak di desa Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim, Sumatera selatan. Atau di Jalan Raya Palembang – Prabumulih kalau dari Palembang berjarak 81 km dengan estimasi waktu perjalanan 90 menit kalau dari Prabumulih berjarak 19 km estimasi waktu 30 menit. Dari jalan raya Palembang – Prabumulih. Sobat travel masuk lagi ke arah jalan raya desa Lembak dan desa Kemang berjarak sekitar 4 km, dengan kondisi jalan yang lumayan baik.

 



 Saat ini, danau berair jernih itu sudah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sumatera Selatan, khususnya bagi masyarakat Muara Enim, Prabumulih, Pali, dan juga Palembang.

Banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Sobat travel, bisa makan-makan sambil santai bersama keluarga dan teman di pondok-pondok pinggir danau, bermain perahu kayu, perahu bebek serta berswafoto di spot-spot yang telah disediakan pengelola.

Saran saya cobalah untuk mengeksplor danau dengan perahu yang di sewakan tersebut harga sewanya juga cukup terjangkau.  Mengenai biaya masuk ke danau shuji jangan khawatir, cukup terjangkau kok hanya Rp 5.000/orang dan Rp 3.000 parkir.

Saat ini Danau Shuji masih terus berbenah melengkapi semua fasilitas yang dibutuhkan pengujung serta menambah beberapa wahana permainan lainnya. Tapi untuk fasilitas seperti mushola dan toilet sudah tersedia kok.

Sejak danau shuji menjadi tempat wisata, danau ini sudah menyerap tenaga kerja lokal dan juga melibatkan beberapa UMKM dari desa Lembak sendiri.  Nah tunggu apalagi. Ayo ke Danau Shuji.

12 komentar :

  1. waaa keren banget Danau Shuji ini ya, Mas. apalagi dengan adanya Danau Shuji banyak masyarakat lokal yang diberdayakan, pun UMKM setempat. dudud, murah banget tiket masuknya ya, semoga suatu saat Tuhan mengizinkan kaki ini melangkah di Danau Shuji, aamiin

    BalasHapus
  2. Wah, baru tahu saya dengan tempat wisata danau Shuji ini. Namanya kayak nama daun, jadi kesan saya langsung sejuk setelah mengetahui namanya. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke danau Shuji ini, aamiin.

    BalasHapus
  3. Baru tabu ada danau ini kak. Murah meriah yah masuknya,lumayan ini buat pemanasan wisata sebelum wisata ke tempat lain.

    BalasHapus
  4. Wahh salfok sama bangunan ky joglo dipinggir danau. Lesehan dsitu sambil makan n liat pemandangan danau shuji pasti pewe bingiit

    BalasHapus
  5. Saya kok seneng ya sama wisata alam kaya gini. Pengen deh suatu saat bisa ke sana.

    BalasHapus
  6. Wisata ke danau seperti ini membuat bahagia jiwa karena sambil merenungi juga ciptaan Allah Swt

    BalasHapus
  7. Asyiknya naik perahu menyusuri danau. Dan setelah puas berperahu bisa makan-makan di tepi danau

    BalasHapus
  8. Kayanya adem suasananya, sejuk ya. Sudah lama ngga wisata naik perahu, jadi kangen juga

    BalasHapus
  9. Kereen... Danau yang indah, murah pula. Bisa jadi tempat wisata andalan masyarakat di sana ya. Apalagi banyak menyerap tenaga kerja di masa pandemi kaya gini. Maju terus wisata Danau Shuji!

    BalasHapus
  10. MasyaAllah, danaunya tenang dan hijaunya itu bikin adem kelihatannya ya Kak.
    bawa anak-anak main di perahu bebek itu aman kan ya Kak? keren nih :)

    BalasHapus
  11. Masya Allah tempatnya menarik banget. Danaunya juga tenang ya. Kayaknya bakal betah kalau singgah di danau ini.

    BalasHapus
  12. Duh cakep banget nih. Adikku sering ke Palembang kayanya belum tau danau ini deh. Bisa aku rekomen supaya dia ke sana nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates