7 Rekomendasi Air Terjun di Sumatera Selatan

 




Assalamualaikum warahomatullahi wabaraktuh. 

Hallo sobat travel. Berwisata alam itu sangat menyenangkan yah salah satunya berwisata alam air terjun. gemericik suara dan jernihnya air terjun bisa memberikan ketenangan buat sobat, apa lagi bila air terjun tersebut masih sangat terjaga keasrian dan kebersihannya. Maka dari itu berwisata alam air terjun sepatutnya bisa sobat coba di musim liburan tahun ini. Nah, kali ini saya akan memberikan rekomendasi beberapa air terjun yang bisa sobat kunjungi. tentu saya akan memilihkan air terjun yang indah dan gampang untuk sobat kunjungi bersama keluarga.


1.  Air Terjun Temam

Air terjun Temam mendapatkan julukan air terjun niagara mini, yah hal itu tak lepas dari bentuknya yang mirip dengan air terjung niagara. Destinasi wisata ini merupakan wisata alam favorite bagi masyarakat kota Lubuklinggau dan sekitarnya sebab air terjun tamam hanya berjarak 11 kilometer dari kota Lubuklinggau. atau di kelurahan Rahma Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I.

Air terjun yang memiliki ketinggian 12 meter dan lebar 25 meter ini bisa jadi alternatif liburan kamu pada tahun ini, atau saat kamu sedang berkunjung ke bumi Silampari.  Kamu bisa duduk menikmati tetesan air yang jatuh, wah pasti rasanya sangat tenang sekali. Dibawah air terjun terdapat kolam sedalam 4 meter yang biasa digunakan oleh anak-anak setempat untuk melompat dari atas jembatan.

untuk bisa ke sini, pengunjung bisa menempuhnya dengan berkendaraan roda dua maupun roda empat. nah untuk tiket masuknya sendiri sangat terjangkau yakni Rp 2.000,- dan parkir Rp 3.000,- sekedar  infoa aja nih, kalau air terjun ini dulunya pertama kali ditemukan oleh orang Belanda pada tahun 1920 dan menjadi area orang-orang Belanda liburan.


2. Air Terjun Bedegung/Tenang

Air terjun bedegung sudah sangat begitu familiar bagi masyarakat Sumatera Selatan, sebab Air terjun tersebut merupakan air terjun tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian 99 meter. Terletak  di desa Bedegung kecamatan Tanjung Agung kabupaten Muara Enim dengan jarak 56 km dari pusat kota kabupaten muara enim. Kalau dari palembang  210 km dengan durasi sekitar 5 jam perjalanan. 

Untuk menuju ke sini bisa menggunakan semua jenis kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Fasilitasnya sudah lengkap, mulai lapangan parkir yang luas, mushola, toilet, kamar mandi serta warung-warung makan semuanya sudah ada. 

Dari parkiran kita akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sepanjang  600 meter, ditepi jalan setapak tersebut terdapat aliran sungai kecil. ketika hari libur air terjun bedegung ini begitu ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal. 


3. Air terjun Embun

Kalau dari ketinggian air terjun embun tak jauh berbeda dengan Air terjun bedegung yakni 80 meter. Air terjun Embun terletak di kelurahan curup Jare Desa Dempo Makmur  kecamatan pagar Alam utara, kota Pagar alam. dengan jarak tempuh sekita 15-20 menit dari pusat kota pagar alam.

Air terjun embun memiliki keindahan alam yang memesona. tetapi untuk sampai di sana kita harus berjuangan terlebih dahulu menaiki ratusan anak tangga. Intensitas air yang tidak deras menyebabkan kolam di bawah air terjun tersebut bisa digunakan untuk mandi dan berenang.


4. Air Terjun Mangkuk

Air Terjun Mangkuk terletak di desa Dempo Makmur Kecamatan Pagar Alam Utara. Memilik keindahan alam yang tak kalah menarik dari beberapa air terjun lain di Sumatera Selatan. Akses menuju kesana dengan kondisi jalan yang baik. 

Disebut air terjun mangkuk karena kolam di bawah air terjun tersebut berbentuk seperti mangkuk. untuk fasilitas di sini seperti kurang terawat, banyak fasilitas yang sudah rusak, seperti toilet dan kamar mandi. 


5. Air Terjun Sambar Nyawe

Memiliki ketinggian 90 meter air terjun ini menjadi Salah satu air terjun yang  wajib kamu kunjungi.  Letaknya Talang sejemput kabupaten Lahat.  Dinding/napal air terjun berwarna kuning sangat memberikan kesan kontras sekali,  cantik untuk dijadikan background foto. 

Sementara di bawahnya terdapat sebuah bath besar yang  siap menerima hempasan air dari atas sehingga air tersebut terpecah dan menciptakan butiran air yang berhamburan. 

Namun sayangnya jalan menuju ke Air Terjun hanya bisa diakses dengan berjalan kaki atau bermotor. 


6. Air Terjun Lematang Indah

Air terjun lematang indah Salah satu air terjun favorite  di Pagar Alam dan  juga Sumatera Selatan. Letaknya di jalan raya antara Pagar Alam dan Lahat menjadikannya sangat strategis dan dikunjungi.  

Air terjun lematang indah masih menyuguhkan pemandangan sekitar yang sangat indah,  rerimbun pepohonan hijau,  serta sungai bermata air jernih mengalir di sela-sela bebatuan sungai. Biaya masuknya sangat terjangkau yakni Rp 4.000/orang.


7. Air Terjun Maung

Terletak di desa rindu hati kecamatan gumay ulu kabupaten Lahat. Air terjun ini sempat ngehits banget pada waktu itu,  hal itu tak bisa dibantah karena memang air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. 

Dengan ketinggian 80 meter sekeliling air terjun maung dihiasi rerumputan hijau. Untuk menuju ke sana bisa membutuhkan waktu 45 menit dari pusat kota Lahat. 

Sesampainya di desa terdekat dengan air terjun kita harus tracking lagi dengan medan yang sulit, kemiringannya mencapai 30-45° tetapi selama tracking kita akan disuguhi pemandangan perkebunan kopi milik warga. 

Untuk ke sana dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 dan Rp 2.500/orang. Murahkan. Lelahmu akan terbayar jika sampai di air terjun maung yang  indah itu. 


Nah,  itulah 7 Rekomondasi Air Terjun yang  berada di Sumatera Selatan. Semoga bermanfaat. 





LihatTutupKomentar
Cancel

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar