5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung




Hallo sobat travel, mendaki gunung kini sudah menjadi tren tersendiri bagi kebanyakan kuwala muda masa kini. Baik yang sengaja ikut komunitas atau hanya mendaki sesekali mengikuti open trip. Tapi sayangnya tren tersebut jika tidak dipersiapakan secara matang baik fisik maupun pengetahuan maka akan berakibat fatal bagi pendaki itu sendiri. Untuk itu dalam postingan kali ini saya akan berbagi sedikit apa saja yang harus teman-teman persiapkan sebelum melakukan pendakian gunung.


Gunung merupakan alam luar yang tak bisa kita prediksi apa yang akan terjadi maka dari itu dibutuhkan persiapan yang matang agar kita bisa terhindar atau bisa meminimalisir apapun yang terjadi saat melakukan pendakian. Nah berikut ini beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan pendakian; 


1. Pesiapan Fisik dan Mental

Jika kamu sudah merencanakan pendakian maka kamu harus mempersiapkan fisik dan stamina, mulailah olahraga rutin sejak dua minggu sebelum pendakian, bisa dengan olahraga ringan seperti jogging, sesuaikan durasinya dengan kondisi fisikmu jangan dipaksakan jika kamu sanggup 15-20 menit jogging tidak masalah asal rutin. 


Selain fisik persiakan juga mental, mendaki gunung bukan soal siapa kuat fisiknya tapi mentalnya juga harus dipersiapkan, hal ini penting sebab di alam liar kita tidak bisa memprediksi keadaan, cuaca sering berubah-ubah yang membuat tenaga kita terkuras mental pun akan ikut berpengaruh.


2. Cari Info Pendakian Gunung Sedetail Mungkin. 

Setelah mempersiapkan fisik dan mental sobat travel juga harus tau semua info tentang gunung yang ingin di daki, mulai dari status gunung yang dibuka atau ditutup, kondisi cuaca di sana  saat ini, kondisi jalur, panjang jalur yang akan dilewati hal ini penting buat sobat agar bisa mempersiapkan semuanya dengan matang, mulai dari perbekalan yang harus dibawa, alat-alat yang sangat diperlukan selama pendakian.


Nah untuk mengetahui status gunung dibuka atau ditutup sobat bisa mencari lewat website resmi pengelola pendakian gunung setempat atau pada teman yang belum lama ini sudah mendaki ke sana. Juga untuk mengetahui tingkat kesulitan jalur teman-teman bisa bertanya atau bisa menonton vlog pendaki yang pernah mendaki gunung tersebut.



3. Persiapan Bekal dan Logistik yang Perlukan

Dengan mengetahui panjangnya track kita bisa memperhitungkan berapa jam/hari yang akan dilalui selama pendakian, dengan begitu kita akan mempersiapkan perbekalan sesuai dengan lamanya pendakian kita. Perbekalan yang cukup sangat dibuthkan selama pendakian jangan sampai sobat kehabisan perbekalan makanan, sebab makanan sangat diperlukan, mendaki memerlukan tenaga yang ekstra sehingga tubuh kita juga membutuhkan asupan yang cukup. 






4. Cek Kembali Perlengkapan dan Peralatan Pendakian Gunung.

Perlengkapan yang memadai akan mempermudah kita dalam melakukan pendakian. perlengkapan itu mulai dari perlengkapan kelompok seperti tenda, alat makan, P3K, logistik makanan yang cukup. Selain itu kita juga harus mempersiapakan perlengkapan pribadi, seperti sepatu yang nyaman untuk pendakian, jaket, celana dan baju outdoor, jas hujan, tracking pool, Sleeping Bag dan lain-lain. 


Jika sobat belum punya uang untuk membeli semua peralat itu, sobat bisa meminjam sama teman atau bisa menyewa sekarang banyak kok tempat penyewaan outdoor gear dengan harga terjangkau. Jadi tidak ada alasan lagi yah mau mendaki tapi tidak dibekali dengan perlengkapan yang memadai.


5.  Pastikan Tubuhmu Benar-benar Sehat 

Mendaki gunung bukan untuk gagahan siapa yang paling kuat agar bisa mencapai puncak, puncak memang tujuan tapi melakukan pendakian bukan untuk memaksakan diri. Untuk itu sebelum melakukan pendakian, pastikan kondisi kesehatan sobat benar-benar fits ya agar pendakian mencapai puncak seperti tujuan. 


Jika memang kondisimu tidak memungkinkan untuk sampai puncak, stop jangan dipaksakan buang semua egomu, kamu harus perhatikan dirimu. puncak bisa digapai dipendakian berikutnya tapi kondisi kesehatanmu lebih penting dari semua ini. Segeralah meminta kelompok pendakianmu untuk berhenti dan mendirikan tenda di shalter  yang tersedia untuk berisitrahat dan turun. 


Nah itu lah beberapa hal yang harus sobat persiapkan untuk melakukan pendakian gunung. Semangat untuk sobat yang ingin melakukan pendakian gunung dalam dekat. Saya cuma berpesan tetap utamakan keselamatan, minta restu orang tua, jangan mengambil apapun di gunung kecuali gambar, jangan tinggalkan apapun kecuali kenangan. bawa turun kembali sampahmu. salam lestari. 


Foto: Pixabay

Refrensi: penjelajahan.com

Editor: Allamsyah Journey

LihatTutupKomentar

18 Komentar

  • Sandra Hamidah 22 Juni 2021 20.01
    Hmmm aku cuma pernah mendaki Tangkuban Parahu, paling yang lain baru hiking aja
  • Antung apriana 27 Juni 2021 21.47
    belum pernah euy mendaki gunung. wong saya jalan kaki aja ngos-ngosan apalagi mendaki gunung. kayaknya bakalan pingsan. hihi
  • Idah Ceris 17 Juli 2021 06.53
    Persiapan naik gunung ini memang tdk bisa mendadak. Palagi terkaita siap fisik, musti dipersiapkan jauh2 hari. Dudududh, jadi kangen naik gunung. :D
  • eka fl 17 Juli 2021 07.04
    satu tambahan lagi kak, cari teman. hehehe. karena hiking tanpa teman kan sepi ya, gak asyik.
    • Raja Lubis 17 Juli 2021 17.36 ?
      Biasanya para pendaki akan bertemu teman selama perjalanan. Salah satu element of surprisenya pendakian sih menurutku. Dan lebih seru berkenalan dengan orang-orang baru. Bisa berlanjut ke kehidupan nyata, atau berakhir sebagai teman perjalanan saja.
  • Diaz Bela 17 Juli 2021 08.55
    Salut banget sama para pendaki gunung! Aku jalanan nanjak dikit aja udah eungap, hehe... Kadang penasaran sih pengen nyobain, tapi balik lagi kayak tahu kemampuan diri sampai batas mana :')
  • ulfah aulia 17 Juli 2021 09.29
    Aku malah pengen mendaki gunung tapi terhalang restu, cielah gak dapat izin dari ortu mas. Tapi keknya nanti pasti bakal ada waktunya...
  • Ning! 17 Juli 2021 13.19
    Aku lebih prefer pantai daripada gunung. Capek mendaki gunung, belum tulang-tulang yang ngilu kalau kena udara dingin. Huhu
  • Ayu Natih Widhiarini | natih.net 17 Juli 2021 18.00
    Wahhh artikel ini benar-benar bermanfaat untuk saya yang pengen dari dulu hiking tapi belum kesampaian. Saya malah takutnya gak bisa sampai puncak karena sudah lelah fisik duluan, khawatir nnti malah ngerepotin temen, huhu.

    Terima kasih tipsnya yaa mas, semoga secepatnya saya bisa mendaki, pengen banget soalnya, huhuhu
  • Fenni Bungsu 17 Juli 2021 18.25
    Soal persiapan fisik dan mental bener banget loh. Soalnya daku pernah, padahal mendaki bukit, mentalnya siap eh fisik nggak, karena jarang olahraga. Akhirnya banyak berhentinya dan kleyengan huhu. Makanya besok kalau mau hiking kudu persiapan betul² deh
  • Dila 17 Juli 2021 19.11
    Kalau lihat foto orang yang naik gunung suka iri karena mereka bisa meraih tempat yang indah dan pemandangan yang penuh dengan kehijauan.
    Saya pernah sekali mendakit bukit, di badui dalam, dan saya merasa itu adalah pengalaman sekali dan terakhir saja. Saya nyerah, (baru bukit doank) mana saat itu sempat hujan, jadi susah mendaki.
    Perdasarkan pengalaman saya ke Badui dalam, tips di atas bener banget sih.
  • Rahma Huda Putranto 17 Juli 2021 21.24
    Baca ini sambil ndengerin Ritta Ruby Hartland. Jadi pengen naik gunung. Semoga Covid segera berlalu.
  • Shafira Adlina 17 Juli 2021 21.40
    aku belum pernah naik gunung, selalu banget pengen pas mahasiswi bisa naik gunung. jadi naik bukit berbunga aja dhe di puncak heheh.
  • Joe Candra P 17 Juli 2021 22.06
    Sumpah kangen mendaki lagi nih kak. Terakhir mendaki sih ke ijen (itu mah wisata wkwkkw), tapi mendaki emang menyenangkan banget dan butuh beberapa persiapan seperti yg ditulis di atas yess kak.
  • Dian farida ismyama 18 Juli 2021 01.35
    Aku pernah daki gunung batu tapi persiapan fisik nya minim. Meski gunung ya pendek, ternyata efeknya dahsyat. Habis turun gunung langsung kakiku sakit semua. Bahkan buat jalan naik tangga aja ga bisa. Jadi aku harus jalan mundur. Parah pokoknya. Next time harus latihan fisik dulu sebelum naik gunung
  • Mero 18 Juli 2021 01.48
    aduh kangen lagi ke gunung meskipun saya baru coba sekali mendaki gunung. Letih memang tapi kepuasaannya sungguh luar biasa. Saya setuju sebelum mendaki memang butuh persiapan yang matang.
  • Happy Hawra 18 Juli 2021 23.28
    duh jadi inget, umur udah 25 tapi belum pernah naik gunung sama sekali. pengin nyobain tapi kuat gak yaaa hahaha
Cancel

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar