Inilah Tips Solo Traveling untuk Wanita



HALLO sobat travel, melakukan perjalanan sendiri mungkin merupakan impian sebagian orang. baik wanita atau laki-laki. teruntuk wanita melakukan perjalanan seorang diri bisa jadi memberikan kesan yang tersendiri karena dengan melakukan perjalanan seorang diri banyak hal yang bisa di dapatkan baik pengalaman baru serta merasa hidup lebih bisa mendiri. 


Solo Traveling memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.


Jika kamu ingin sekali melakukan solo traveling ada hal yang perlu kamu siapkan sedini dan sebaik mungkin.


1 Percaya diri dan Riset

Semua orang menginginkan travelingnya berjalan dengan lancar, untuk itu hal yang harus dipersiapkan adalah rasa kepercayaan dalam dirimu, mental yang kuat, sebab jika kamu gugup bisa membahayakan untuk sobat sendiri, maka dari itu jangan terlihat gugup yah karena bisa mengundang orang-orang berlaku kriminal terhadap dirimu.


Agar mendukung untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirimu maka sobat girl harus melalukan riset. Dalam risetmu cobalah cari informasi tempat yang ingin kamu kunjungi sebanyak-banyak mungkin, meliputi informasi tempat wisata yang ingin kunjungi, kondisi rute, kondisi cuaca, makanan serta pengninapan.




2. Perencanaan yang Baik

Perencanaan yang matan dan baik sangat kamu butuh jika memutuskan untuk solo traveling, seperti cuaca tempat yang ingin dikunjungi, sesuaikan pakaianmu dengan warga lokal yang kamu kunjungi, pakailah pakaian yang sopan, pelajari adat istiadat setempat dan hormatilah.


Dengarkan Nasehat warga setempat. ini penting buat kamu yang sedang berdiam diri di suatu tempat, cobalah bertanya-tanya mengenai tempat yang aman untuk kamu kunjungi, serta tanyakan mengenai apa saya yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sana.






3. Stop! Jangan Lakukan Perjalanan di Malam Hari Segera Cari Penginapan

Dalam perjalananmu cobalah untuk memperitungkan  waktu yang harus kamu jalani. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu tau harus bermalam dimana dan segera mencari penginapan sebelum gelap tiba. Ingat jangan melakukan perjalanan di malam hari karena hal tersebut bisa menghindarkanmu dari kejahatan malam hari. 


4. Fokus dengan Rencana Perjalananmu

Saat kamu melakukan solo traveling itu artinya semua mengandalkan dirimu sepenuhnya. oleh karena itu kamu dituntut untuk selalu memperhatikan dan memperhitungkan waktumu. estimasikan waktu untuk kamu mengunjungi suatu objek wisata, jangan terlalu asyik hingga melupakan rencana perjalananmu yang lain. 



5. Simpan Nomor Penting dan Buatlah Salinan Dokumen

Sebelum kamu melakukan solo traveling ke suatu tempat maka sebaiknya kamu mencari nomor-nomor penting di daerah yang akan kamu kunjungi, hal ini sangat berguna saat kamu mendapatkan ancaman kejahatan. selain itu salinlah dokumen-dokumen penting milikmu seperti KTP, SIM atau Paspor, bisa difoto dan di unggah ke internet. Hal ini berguna jika nasib sial menimpamu, kamu bisa dengan mudah mengurusi dokumen kamu yang hilang itu.





6. Selalu Waspada!

Melakukan solo traveling sangat rawan sekali mendapatkan kejahatan untuk itu selalu waspada terhadap lingkungan sekitar dan orang-orang baru yang kamu temui. Taruhlah barang dan dokumen pentingmu di tempat yang aman. Walaupun begitu kamu harus tetap ramah dengan semua orang tanpa melupakan sifat waspada. gunakan inderamu untuk menangkap kejahatan.


Biarkan teman/keluargamu tau dimana kamu sedang berada, rutinkan memberi kabar tentang keberadaanmu dan keadaanmu, hal ini penting jika sesuatu yang buruk terjadi padamu. Kamu akan mudah dilacak dan ditemukan.






7. Tetap Bahagia dan Tinggalkan Jejak

Berbahagialah dengan setiap perjalanan yang kamu lakukan sebab mungkin banyak orang yang menginginkan bisa melakukan perjalanan sepertimu namun tidsk bisa melakukannya, maka dari itu berbahagialah dengan perjalananmu. Selain itu buatlah jejak dimanapun destinasi wisata yang kamu kunjungi, simpan serta bagikan di sosial mediamu, kabarkan keberadaan dan kebahagiaanmu kepada semua teman sosial mediamu. 


Nah, itulah beberapa hal yang harus sobat girl ketahui sebelum melakukan solo traveling. Selamat memcoba.


Allamsyah Journey (Travel Writer dan Youtuber)


SC: idntimes dan phinemo

foto:  pixabay




 




LihatTutupKomentar

29 Komentar

  • Arif Rudiantoro 7 Juni 2021 05.04
    Saya pun kadang ngeri bila melakukan perjalanan sendiri, pernah pertama kali dari Papua pas mudik ke Jawa, sebelum hari h tiba saya pun pelajari kondisi saat di bandara, transit, lapor dan saat ambil barang bagasi.

    Alhamdullilah semua berjalan lancar sesuai rencana berkat Pertolongan Alloh dan mengali informasi² yg saya cari dari internet.
  • sri sekartadji 7 Juni 2021 16.47
    Dulu, sebelum menikah asyik2 aja solo traveling. Pas udah nikah ga pernah lagi, ga tega ninggalin si kecil hehe. Terima kasih tipsnya, mas.
  • Sandra Hamidah 7 Juni 2021 17.02
    Salam kenal kak, wah aku suka banget traveling tapi kalo solo traveling kayaknya nggak dulu deh soalnya sekarang lebih seneng jalan-jalan sama keluarga tapi bagus nih selalu waspada dan kenyamanan adalah kuncinya hihi
  • Laily Fitriani 8 Juni 2021 08.36
    Sepakat banget Kak. Bila melakukan solo travel memang harus punya riset mendalam terhadap tempat-tempat yang akan kita datangi yaa? kebetulan belom pernah solo traveling nih, artikel ini sangat bermanfaat banget, terima kasih.
  • Hastin Pratiwi 9 Juni 2021 09.43
    Setuju sekali dengan poin nomor 3 Kak, sebaiknya hindari perjalanan malam untuk perempuan tanpa ada teman yg mendampingi.
    Saya pernah sekali solo traveling penerbangan malam hari karena pesawat delay. Alhamdulillah, selamat sampai tujuan meski harus naik taksi sendirian.
  • Happy Dyah 10 Juni 2021 06.29
    Belom pernah solo traveling. Paling solo traveling selama di kendaraan aja jenguk orang tua. Bukan untuk wisata. Terima kasih tipsnya
  • Lia Yuliani 12 Juni 2021 13.39
    Belum pernah solo traveling saya Kak. Seringnya bareng suami. Lebih aman aja plus ada yang bisa ditanya-tanya kalau ada apa-apa. Btw trims tipsnya, ya.
  • denik 13 Juni 2021 05.26
    Wah, jadi catatan banget nih buat saya yang sering solo traveling. Jadi seperti diingatkan. Terima kasih ya Mas atas sharingnya. Sangat bermanfaat.
  • Asih Mufisya 13 Juni 2021 07.33
    Tipsnya bermanfaat untuk buat saya yang mau mencoba solo traveling, nih, tapi wanita zaman sekarang juga banyak yang melakukan solo traveling jadi perlu info ini.
  • Aprilely Ajeng Fitriana 13 Juni 2021 10.14
    Aku sampai sekarang belum berani kalau solo traveling. Apalagi kalau berhari-hari. Pernah, pingin. Tapi nggak aku lakukan.

    Paling minim ya traveling berdua sama teman
  • Mei Daema 13 Juni 2021 17.20
    cocok banget ya buat saya yang hobby banget traveling sendirian, agar lebih aman pastinya wajib banget perhatikan hal-hal di atas
  • Linda Puspita 13 Juni 2021 17.57
    Terimakasih tipsnya kak, aku paling takut kalau traveling sendirian. Dengan baca tips dari sini jadi lebih ada persiapan.
  • Naqiyyah Syam 18 Juni 2021 00.31
    Bahagia dong kalau udah jalan-jalan dan selalu menitipkan jejak dengan menulis di blog. Tapi, udah lama enggak solo travelling selalu ama keluarga hehe
  • Unknown 21 Juni 2021 07.04
    Solo traveling memang bisa jadi pilihan yg cocok untuk sebagian orang yang ingin traveling supaya lebih mudah dan mendapat kesan yang lebih privat. Tentunya, perlu sekali memerhatikan keamanan dan tau betul destinasi wisata yang akan dikunjungi.
  • Antung apriana 21 Juni 2021 22.48
    saya baru satu kali melakukan perjalanan sendirian dari banjarmasin ke Samarinda. Agak takut juga sih kalau kenapa-kenapa di jalan. Alhamdulillah sih aman-aman saja waktu itu. Tapi kalau disuruh memilih kayaknya saya lebih suka travelling bersama teman ketimbang sendirian biar lebih seru
  • Mega 22 Juni 2021 14.15
    Riset, yup setuju banget! Teman saya baru saja mengalami, dia lupa bawa baju hangat. Dipikirnya negara tujuan sedang summer eh tau2 di sana masih dingin euyyy. Huhhhh kebayang ya... yang seperti ini cukup mengganggu masa liburan kitašŸ„²
  • Finaira Kara 22 Juni 2021 16.09
    Riset ini penting banget memang, bukan cuma soal budaya tapi iklim dan itinerary. Biar pas di sana nggak bingung atau salah jalan
  • Fadli Hafizulhaq 22 Juni 2021 20.42
    Agak beresiko bagi seorang wanita untuk melakukan solo traveling sih, tapi kalau dipersiapkan dengan sangat matang, barangkali bisa aman. Yang penting, jaga diri baik-baik
  • Milda Ini 23 Juni 2021 07.10
    Sebelum nikah saya juga suka jejalan. Pernah juga terpaksa nginep di masjid sebab sudah malam, hehehe.
  • Mariatanjungmenulis 24 Juni 2021 21.07
    Setuju nih, bagi wanita yang seneng bepergian rasanya kurang afdhol kalau belum menulis pengalaman perjalanan wisatanya.
  • kokonata 24 Juni 2021 21.11
    Pada kultur Islam dan Indonesia pada umumnya, masih jarang ya wanita travelling sendirian. Kalaupun perginya sendiri, di tempat tujuan sering juga janjian sama teman atau join dengan traveller lainnya
  • Nurhilmiyah 26 Juni 2021 19.16
    Berguna banget nih tips solo travelingnya yahh btw emang kl hari sudah berganti menjadi malam lebih baik cari penginapan deh, menghindari kejahatan malam hari di tempat asing yang kita bukan orang setempatnya ya, noted. Tfs Myaa
  • Diah Alsa 27 Juni 2021 01.19
    Setuju tuh Mas dengan mendengarkan Nasihat warga sekitar, secara ya warga sekitar pasti tahu dong do and don't di wilayahnya. Ya biar perjalanan kita jadi tenang juga.
    Anyway, terima kasih tipsnya.
    Ntah kapan bisa solo traveling, hihihihih
  • Siti Mutmainah 27 Juni 2021 06.47
    Makasih banget tipsnya, aku yang dari dulu pengen banget nyoba solo traveling tapi masih ragu² karna bayangin takut ini itu, liat tips ini jadi keberanian bertambah buat solo traveling, tapi nanti deh nunggu covid menurun
  • Asih Mufisya 27 Juni 2021 07.09
    Saya jadi membayangkan traveling. Kangen karena sudah lama tidak traveling.
    Untuk menjalani solo traveling memang perlu banya persiapan, tapi dengan persiapan yang matang traveling yang kita jalani juga jadi lebih nyaman dan menyenangkan.
  • Ilham Sadli 4 Juli 2021 19.22
    agak beresiko gak sih bang kalau cewek solo traveling? Kalau saranku sih tetap ajak teman.
Cancel

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar