5 Tips Agar Travelingmu Menghasilkan Cuan



HALLO TRAVELER,
Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan income dari hobinya, termasuk dari mengeluti traveling. Nah kira-kira siapa sih yang tidak menyukai kegiatan traveling sebab melakukan kegiatan memiliki manfaat terntu salah satunya Mengurangi Stres, Menjaga tubuh agar tetap fit, Menambah Teman, Menyeimbangkan Emosi dan lain-lainnya. Apalagi kalau menggeluti hobi itu bisa mendapatkan income, yah paling tidak bisa menutupi biaya traveling kita, setidaknyakan kita tidak mengeluarkan biaya pribadi yang tidak terlalu besar.

Nah jika kamu terpikir bagaimana sih agar travelingmu  bisa menghasilkan cuan. Berikut ini saya akan coba jelaskan satu persatu. lets go.


Pertama, Jual Foto Hasil Traveling Lo.  Bagi seorang traveler rasanya tidak mungkin melakukan traveling tanpa mendokumentasikan semua kegiatan travelingnya dalam bentuk foto. gunakan saja kamera terbaik yang kamu miliki saat ini, apalagi smartphone sekarang memiliki fitur yang sangat canggih tidak kalah kok hasilnya dari kamera DLSR. Sobat bisa memanfaatkan kamera hp nya untuk mengambil foto-foto di tempat wisata yang sobat kunjungi lalu menjualnya ke situs-situs penyedia foto. Jika foto sobat yang dipajang disitus tersebut laku, sobat bisa mendapatkan kan dollar loh, lumayankan.



Kedua, Menulis Blog atau Artikel. Sobat bisa menuliskan semua pengalaman traveling sobat dalam sebuah blog, tuliskan dengan gaya bahasa sobat sendiri hingga pengunjung memiliki kesan  tersendiri ketika membaca tulisan di blog sobat. cobalah buat blog secara profesional dan rutin update tulisan terbaru di blog sobat.




Jika blog sobat banyak pengunjungnnya maka hal itu bisa jadi ladang cuan, sobat bisa mendaftarkan blog tersebut ke google adsense, atau menerima endorsement dari travel agent, hootel, tempat wisata atau juga membuka jasa pasang iklan di blog sobat. Selain menulis di blog sobat juga bisa mengirimkan pengalaman traveling sobat ke surat kabar atau ke website travel berbayar, tentu dengan ratecard dan syarat tertentu.



Ketiga, Buka Jastip alias Jasa Titip, tidak dipungkiri banyak sekali orang-orang yang ingin pergi berlibur ke suatu tempat, namun terhalang oleh kesibukan kerja hal ini bisa sobat manfaatkan untuk mendapatkan cuan. sobat bisa mengumumkan rencana perjalanan ke sosial media agar teman-teman sobat tahu dan di sanalah sobat bisa buka jasa titip souvenir baik berupa makanan atau barang khas daerah yang sobat kunjungi. 

Dari membuka jasa titip ole-ole ini sobat bisa mematok fee untuk barang atau makanan yang dititipkan ke sobat sebesar sepuluh persen dari harga barang tersebut, lumayankan jika banyak yang titip setidaknya bisa menutupi biaya makan sobat selama traveling.


Keempat, Menulis Buku. Jika sobat sudah menuliskan kisah perjalanan sobat dalam bentuk artikel blog, maka tidak ada salahnya agar sobat juga tuliskan dalam bentuk buku. Banyak hal yang bisa sobat tuliskan cerita perjalanan sobat di buku mulai dari kebudayaan dan tradisi daerah setempat, makanan khas yang murah-murah, cerita pengalaman seru saat mengelilingi kota tersebut dan lain sebagainya.


Setelah ditulis, sobat bisa mengirimkannya ke penerbit mayor, banyak kok penerbit mayor yang menerima naskah traveling. Kalau pun tidak bisa menembus penerbit mayor sobat bisa menerbitkannya ke penerbit indie alias self publishing, memang sih kalau kita kirim ke penerbit indie itu kita harus ngeluarin duit dulu, namun keunggulannya kita bisa menentukan harga jual buku kita sendiri dan royaltinya lebih besar ketimbang di penerbit mayor.


Kelima, Membuat Vlog untuk di upload ke Youtube, selain mendokumentasikan perjalananmu dalam bentuk tulisan, nah ini yang lagi tren, membuat video blog alias vlog kemudian di upload ke youtube. Jika video sobat disukai banyak orang dan youtube sobat banyak subscribernya maka bisa mendapatkan cuan dari youtube, sistemnya sih sama kayak kita nulis diblog. daftarin ke google adsense, trafik gede, dapet cuan deh. Selain sumber penghasilannya dari google adsense sobat juga bisa mendapatkan endorsment dari agen travel, hotel, atau pelaku wisata setempat. 

Untuk memulai jadi travel vlogger ini sobat perlu gear yang mendukung seperti kamera, laptop/hp untuk edit video dan lainnya. 

Nah itu lah 5 tips praktis agar travelingmu menghasilkan cuan. selamat mencoba ya sob.


Editor: Allamsyah Journey

Foto: Pixabay

LihatTutupKomentar
Cancel

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar