Gunung Masurai, Keindahan yang Tersembunyi




Hallo sobat Travel, Mendaki gunung sepertinya menjadi kegiatan yang disenangi oleh berbagaimacam kalangan terutama para kuwalamuda. Pun tak dipungkiri kegiatan alam ini seperti menjadi magnet tersendiri bagi kaum muda. Menaklukan berbagaimacam gunung seperti sebuah keharusan. Mulai gunung yang rendah sampai gunung yang paling tinggi.

Ngomongi masalah gunung nih, ada sebuah gunung yang mungkin tak sepopuler seperti gunung Semeru,  Gedde, Rinjani, Prau, Merbabu. Kalau di Sumatera mungkin tak seterkenal Kerinci, Talamau, Leuser bahkan Dempo. 

Nah di Sumatera sendiri tepatnya di kawasan Bukit Barisan ada sebuah gunung yang mungkin belum dikenal oleh masyarakat luas, namun  gunung ini memiliki keindahan yang tak kalah dari gunung-gunung lainnya di Indonesia loh.

Gunung apa tu? 


Yupsss... Gunung Masurai

Gunung ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat atau tepatnya di kabupaten Merangin desa Jangkat, Sungai Lalang provinsi Jambi. Bicara kekayaan alam jambi emang tidak bisa dianggap enteng keindahan alam itu meliputi danau, gunung, sungai, air terjun dan lainnya.



Rute Perjalanan Menuju Masurai

Bagi sobat yang ingin sekali mendaki gunung ini sobat bisa menempuhnya melalui kota Jambi, ambil jurusan Bangko, ibukta Kabupaten Sarolangun untuk tarif berkisar Rp 90.000 - Rp 130.000/ orang. 


Ketika sampai di Bangko sobat Travel bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju desa Sungai Lalang yang menjadi desa terakhir sebelum titik awal pendakian gunung Masurai, tarif transfortasinya sih sekitar Rp 50.000/orang.


Nah ngomongin gungun Masurai ada apa saja sih keindahan alam yang dimilikinya.


Memilik Tiga Puncak

Gunung Masurai memiliki tiga puncaik yaitu Puncai Utama dengan ketinggian 2935 mdpl, Puncak Satu 2600 mdpl, dan Puncak Lancip 2750 mdpl. Pendaki membutuhkan waktu sekitar delapan jam untuk bisa sampai ke puncak satu, tapi itu tergantung kecepatan langkah dan beban, sebab jalur Masurai sendiri tidak bisa dikatakan gampang, jalur menanjak mendominasi dari pada jalur landai.


Jika sobat ingin ke Puncak utama dari danau kumbang sobat memerlukan waktu sekurang-kurangnya dua jam. Di sana sobat akan disambut sebuah dataran yang luas, puncak utama ini wajib sobat taklukan untuk menuju puncak lancip.





Pesona Dua Danau

Seperti halnya gunung Talamau di Sumatera Barat yang memiliki dua danau di puncaknya, Gunung Masurai juga memiliki dua danau yang berdampingan hanya dibatasi oleh bukit yaitu Danau Mabuk 2533 mdpl dan Danau Kumbang 2430 mdpl.

Dari kedua danau tersebut danau kumbang yang lebih sering dikunjungi oleh pendaki hal itu disebabkan karena letaknya yang tidak jauh dari jalur pendakian yakni 30 menit. keunggulan lain dari danau kumbang ini yaitu memiliki lahan yang landai, sehingga dapat digunakan untuk mendirikan tenda. 


Masurai adalah 'Gunung Tidur' 

Seperti yang saya jelaskan diawal, walaupun gunung masurai tak sepopuler gunung Kerinci dan termasuk kategori gunung tidur. namun bukan berarti gunung dengan ketinggian 2935 mdpl ini tak menyimpan keindahan alam yang luar biasa.


Gunung Bebas Lintah Meski Tidak Aktif

Di beberapa gunung tidur lainnya mungkin lintah atau sering dikenal dengan pacet adalah binatang kecil yang kerap sekali menempel dan menghisap darah  para pendaki. Akan tetapi hal itu berbeda dengan kondisi di gunung masurai, meskipun termasuk gunung tidak aktif namun gunung masurai bebas lintah, jadi para mendaki tidak perlu khawatir masalah pacet.





Ketenangan tersaji di gunung Masurai

Berbanding dengan beberapa gunung lainnya gunung masurai termasuk gunung yang sepi dari pendaki. jika sedang mendaki gunung ini sobat akan jarang sekali menemui pendaki lain. Namun, hal ini menjadi keunggulan tersendiri sebab ketenangan akan menyelimuti sobat sepanjang mendaki gunung ini. 


Menikmati Keindahan Gunung Hulu Nilo dan Sumbing

Di kabupaten Merangin Jambi, tak hanya terdapat gunung Kerinci dan Masurai saja namun juga terdapat gunung lain yakni Gunung Hulu Nilo (2507 mdpl) dan Gunung Sumbing (2469 mdpl). Untuk bisa menikmati keindahan gunung tersebut, sobat bisa menikmatinya dari puncak satu Gunung Masurai, lumayankan buat melepas lelah setelah mendaki gunung masurai.


Nah, itulah pembahasan saya mengenai profil singkat  gunung Masurai di provinsi Jambi ini. 




Jangan lupa tonton cerita pendakian saya di Bukit Reban Kucing yah sob!




Oh ya untuk beraktivitas outdoor seperti mendaki gunung ini, sobat perlu memperhatikan perlengkapan yang memadai seperti halnya sepatu. kali ini saya akan memperkenalkan salah satu sepatu gunung yang mungkin sobat perlukan untuk mendaki gunung.





Sepatu Gunung Arizona dari Arei Outdoorgear. 

Sepatu tipe Arizona dari Arei Outdoorgear ini emang dirancang untuk kegiatan hiking dan treking dengan potongan mid cut yang memberikan proteksi lebih pada kaki Areigers saat beraktifitas seperti halnya mendaki gunung.




Fitur Arizona ini meliputi:

Model Mid cut

memnerikan Proteksi lebih saat beraktivitas

Waterproof upper

Bahan Genuine Leather Waterproof  melindungi kaki dari air


Rubber toe bumber yang mampu melindungi kaki saat melakukan pendakian

Grip System rubber sole, sistem ini agar kaki tetap pada posisi yang stabil dan mengurangi gejala slip pada sepatu.





Spesifikasi:

Bahan Upper: Genuine leather waterproof dan polyester mesh membrane

Mid Sole : Eva

Outsole: Rubber

Extra Shoe laces.







Terdapat berbagaimacam ukuran mulai dari 38-43 dengan varian warna hitam dan abu. Jika tertarik dengan arizona ini sobat bisa beli di sini

LihatTutupKomentar

12 Komentar

  • Naqiyyah Syam 3 Februari 2022 03.19
    senangnya bisa naik gunung lagi, ingat zaman kuliah karena dulu ada tugas masuk hutan, sekarang udah ngos2an jalan jauh
  • Ernawati Lilys 3 Februari 2022 08.29
    Dulu sekali, kira-kira usia SMP sepertinya ikut rombongan ke area pegunungan. Sejak itu, tidak pernah lagi. Baaca tulisan Mas Alam, sangat tertarik sekali untuk menjejaki ke gunung masurai, perlu sepatu gunung juga ya.
    • Fahry Alamsyah 4 Februari 2022 17.54 ?
      Semua perlengkapan sangat dibutuhkan saat melakukan pendakian, terutama adalah sepatu, sepatu gunung bisa memberikan kenyamanan pada kaki saat mendaki. apalagi mendaki semacam gunung masurai ini yang treknya nanjak terus...
  • Shine Fikri 3 Februari 2022 16.35
    Gunungnya cakep dan sepi ya kak
    . Aku yg tinggal di Palembang jadi tertarik buat ke sana juga. Btw, perlengkapan naik gunung tuh emang penting banget ya salah satunya sepatu yg kita gunakan menentukan kenyamanan saat mendaki
  • Rindang Yuliani 3 Februari 2022 17.25
    Perjalanan mendaki dua jam tidak terasa kalau keindahan yang didapat di atas puncak sebegini indah ya. Masyaallah, saya ingin sekali menyaksikan keindahannya secara langsung.
  • Antung apriana 3 Februari 2022 17.49
    pas baca bukit barisan saya pikir ini gunungnya di sumatera barat eh ternyata di jambi yaa. hehe. cakep banget gunungnya ini, mas. kalau boleh tahu kenapa nggak banyak yang mendaki ke sana ya?
    • Fahry Alamsyah 4 Februari 2022 17.59 ?
      Mungkin kalah pamor sama Gunung Kerinci, yang jadi atap sumatera. Orang-orang lebih pilih ke sana tersebab fasilitas dan akses yang memadai. Sebenarnya masih banyak gunung-gunung di Sumatera yang belum terjamah oleh para pendaki.
  • Fadli Hafizulhaq 3 Februari 2022 20.16
    Jujur, saya juga baru dengar soal Gunung Masurai ini. Ternyata masih banyak keindahan alam di Sumatera ini yang belum banyak dijamah manusia
    • Fahry Alamsyah 4 Februari 2022 18.01 ?
      Yups, sama Bang. saya pun belum lama ini baru tau tentang masurai, gara-gara liat vlognya Rikas Harsa. Kirai Masurai itu di Jawa hehe. Ternyata Sumatera banyak gunung yang belum terjamah.
Cancel

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar