Bukit Besak Cocok untuk Pendaki Pemula




Mendaki merupakan kegiatan alam yang sedang digandrungi oleh banyak kalangan terutama bagi kuwalamuda saat ini. Oleh sebab itu tentu banyak diantara mereka mungkin saja baru pertama kali ingin mendaki atau bahkan hanya dalam rencana-rencana saja. 


Perlu diketahui kegiatan mendaki tidak bisa dilakukan dengan sembarangan harus ada persiapan yang matang terlebih dahulu mulai dari fisik, mental, logistik, riset tentang jalur gunung yang ingin di daki dan juga memilih gunung yang tepat untuk di daki menyesuaikan pengalaman dan juga tingkat kesulitan gunung itu tersendiri, tentu bagi seorang pendaki pemula yang baru pertama kalinya mendaki jangan mendaki gunung-gunung yang memiliki tingkat kesulitannya yang tinggi. 


Nah untuk temen-temen di sekitar wilayah Sumatera Selatan yang ingin mendaki untuk pertama kalinya saya sarankan carilah gunung-gunung dengan ketinggiannya rendah dibawah 1000 mdpl gitu. Dan saya menyarankan untuk ke Bukit Besak yang berada di kabupaten Lahat. 


Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus mendaki Bukit Besak. 


Pemandangan yang Indah

Bukit Besak Lahat memang cukup familier bagi kalangan pendaki pemula. Bukit dengan ketinggian 640 mdpl ini menyajikan pemandangan alam yang tak kalah indahnya loh dari gunung-gunung lainnya. Banyak gugusan bukit di sekitar bukit besak yang menambah kesan keindahan alamnya, selain itu bukit besak yang berdekatan dengan bukit telunjuk bisa dijadikan background untuk foto-foto bersama teman-teman. Bukit Telunjuk sendiri merupakan icon kabupaten Lahat. 






Jalur Pendakian yang Aman untuk Pemula

Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa pentingnya riset terlebih dahulu sebelum mendaki apalagi untuk pendaki pemula dan baru pertama kalinya akan mendaki suatu gunung maka penting untuk meriset gunung tersebut banyak sekali sih cara meriset nya bisa tanya sama temen-temen yang pernah ke sana, lewat kanal youtube, saat ini banyak sekali pendaki-pendaki yang mengabadikan perjalanan pendakiannya di channel youtube pribadinya.

Untuk di Bukit Besak sendiri sih jalurnya terdiri dari Jalur landai dari pos registrasi ke shalter 1 lalu selebihnya mulai agak nanjak sedikit, dan agak curam ketika mau sampai ke puncak tapi sudah difasilitasi tangga sih jadi aman buat pendaki. 



Spot Camping yang Luas

Mendaki Bukit Besak teman-teman tidak usah khawatir masalah mau camping dimana, sebab puncak Bukit Besak memiliki halaman yang luas serta datar dan mampu menampung ratusan unit tenda, jadi tak perlu pusing mau ngecamp dimana yah gaes. 





Dekat dengan Sumber Mata Air

Mendaki Bukit Besak kita tak perlu pusing dengan ketersediaan air bersih, sebab air di Bukit besak melimpah apalagi di musim penghujan. Namun, jika temen-temen mendaki di musim kemarau airnya memang tidak terlalu banyak. Tapi temen-temen jangan panik sebab di puncak bukit besak terdapat warung jadi kalo temen-temen kehabisan air bisa beli di warung tersebut untuk harganya sih bervariasi mulai harga 10 ribu untuk air isi ulang, dan 15 ribu untuk air segel kemasan 1,5 liter. 



Negeri Di Atas Awan

Jika temen-temen mau merasakan sensasi negeri di atas awan cobalah mendaki Bukit besak di bulan Maret-April sebab bulan tersebut merupakan awal musim kemarau, keluarlah dari tenda di jam 5.30 sampai jam 7.00 biasanya diwaktu-waktu tersebut gumpalan awan putih akan mengelilingi Bukit Besak. 






Dekat dengan Pusat Latihan Gajah

Letak Bukit Besak yang berdekatan dengan Suaka Margasatwa Isau-isau menjadikan nilai tersendiri untuk Bukit Besak, jika temen-temen mendaki Bukit besak pada hari sabtu-minggu sempatkanlah berkunjung ke pusat latihan gajah isau-isau, pada hari sabtu-minggu sekolah gajah tersebut terbuka untuk umum pukul 09.00-15.00 tidak susah nyarinya kok di pinggir jalan menuju ke Bukit besak terdapat gapura nya. 


Kemarin sewaktu kami turun dari Bukit besak kami menyempatkan berkunjung ke sana, namun sayangnya kami kesorean datang. Kata bapak-bapak penjaganya. Gajah-gajahnya sudah dimasukan ke kandang jadi batas waktu berkunjung nya sampai jam 15.00 setiap sabtu dan minggu. Wahhh belum rejekinya liat gajah secara langsung hehe. Eh, maksudnya yang boleh dikunjungi itu kayak semacam taman edukasi gajah sumatera sih bukan pusat latihan gajah apalagi SM Isau-isau nya kalo itu harus ada izin dari BKSDA Sumsel yah jangan salah kaprah. 


Jadi kapan mau mendaki Bukit Besak? 



LihatTutupKomentar

4 Komentar

  • Tika 29 Juni 2022 19.59
    Pingin banget bisa naik gunung, tapi apalah dayaku punya asma begini bisa² cuma nyusahin orang lain. Suhu terdinginnya sampe berapa °c kak di Bukit Besak?
  • Dewi chairani 30 Juni 2022 03.48
    Ngebayangin view di atas awan itu yg belum pernah. Rekomended sekali sepertinya bukit besak ini 👍👍👍
  • kikichem 30 Juni 2022 07.46
    Dari dulu mau naik gunung belum kesampean. Ngeliat viewnya jadi pengen daki tapi gak dapet izin wkwk
  • hayatisaja 30 Juni 2022 17.37
    Selama tinggal di kota Palembang, aku suka bertanya2 gitu dimana kegiatan outdoor yang menyenangkan gitu. Kayaknya ini recommended yaa, okelaaah...
Cancel

Terima kasih sudah baca postingan allamsyah.com, silakan tinggalkan komentar